Ketemu Dengan Utang Piutang

Udah November aja nih, 2017 nampak berlalu dengan kencang hingga tak terasa sudah hampir penghujung tahun. Hampir setahun ini saya dikasih pengalaman ketemu langsung dengan yang namanya utang piutang. Tahun sebelumnya juga ketemu, hanya tidak sebanyak tahun ini.

Pinjam meminjam, utang piutang, jastip, arisan atau apapun istilahnya memang udah gak asing lagi di telinga kita. Yang lebih gak asing lagi adalah pengalaman menagihnya. Ada yang saking susahnya ditagih sampe nyewa debt collector galak. Nilai utangnya mungkin sudah puluhan sampai ratusan juta sampai harus pakai jasa itu. Sering denger kan orang ngeluh karena dimaki maki sama debt collector? Ya kalo gak mau ngeluh, bayar dong!

Pengalaman saya sih gak sampe minjemin uang puluhan sampai ratusan juta (partai kecil aja soalnya emang gak ada duitnya kalo partai gede) ratusan ribu sampe paling gede jutaan sih tapi masih dibawah 7 juta. Ada yang lancar jaya, janji dibalikin tanggal sekian, tepat waktu. Banyak juga yang janji janji palsu. Berdasarkan pengalaman, saya membagi mereka dalam beberapa tipe :

  1. Tipe Tepat Waktu : ini sih paling juara, janjinya selalu ditepati. Palingan meleset beberapa hari dan gak sampe seminggu
  2. Tipe Penunda Tapi Bayar : dia inget sih kalo punya utang sama saya. Tapi dia gak bayar sesuai dengan waktu yang dia janjikan. Ditunda berbulan bulan, janji bulan depan, janji lagi bulan depannya, gituuuu terus. Walau akhirnya dia bayar juga. Dia yang janji, dia juga yang ingkar, kayak lagu dangdut ya. :p
  3. Tipe Nunggu Ditagih : saya yakin dia itu ingat kalo punya utang. Tapi dia selow aja, seperti gak ada kejadian apapun, bahkan kalo ketemu papasan gitu dia sok akrab. Pas ditagih bilangnya, “Ya ampuuuun, gue lupa.. sori banget.. Boleh gak bulan depan aja?” Tetep bayar juga sih, tapi ya gitu nunggu ditagih. Kalo kita gak nagih, dia malah nyalahin, “Lo sih gak ngingetin, kan gue lupa jadinya..” Tapi dia gak pernah lupa sama tagihan lainnya, cuman ama utang saya aja dia lupa. Aneh tapi ada.. :)))
  4. Tipe Emang Gak Niat Bayar : yang ini parah sih. Pernah saya ngalaminnya tahun lalu. Pinjemannya gak sampe 1 juta, tapi tiap ditagih selalu ngeles dan memang gak pernah ada niat utk bayar. Chat gak dibaca, ganti nomer, pura pura gak kenal dan pura pura gak punya utang. Dia mungkin lupa kalo saya bisa lho pake cara ekstrim dengan ngomong sama atasannya langsung. Dipikir dengan “menghilang” maka utangnya lunas? NOOOOO.. tau apa yang terjadi dengan dia? Ditegur atasan dan langsung dipotong gajinya untuk bayar utang saya. Gak tau juga apa dipecat atau engga. Atasannya sampe minta maaf berkali kali. Saya punya bukti otentik dan akurat soalnya, semuanya saya catat. Just don’t make a mess with me.

Lalu, bagaimana dengan saya sendiri? Saya juga bukannya gak punya utang, ada juga utangnya. Mungkin kalo mau digolongkan, saya itu perpaduan tipe 1 & 2 dan pernah juga 3, hehehehe.. Orang beda beda, tapi menurut saya kalo lo gak siap bayar yang jangan ngutang, udah gitu aja sih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *