Redefinisi Liburan (Hongkong Trip)

libur/li·bur/ v bebas dari bekerja atau masuk sekolah;

— pajak bebas dari kewajiban membayar pajak untuk sementara yang diberikan oleh negara kepada suatu perusahaan selama jangka waktu tertentu (maksimal 5 tahun)
berlibur/ber·li·bur/ v 1 mengalami libur; 2 pergi (bersenang-senang, bersantai-santai, dan sebagainya) menghabiskan waktu libur; bervakansi: mereka merencanakan ~ ke Pulau Dewata;
meliburkan/me·li·bur·kan/ v membebaskan dari bekerja atau masuk sekolah;
liburan/li·bur·an/ n masa libur; vakansi

Hong Kong dari The Peak

 

Di bulan Januari 2107 lalu, saya memutuskan untuk beli tiket PP ke Hong Kong. Salahkan sebuah maskapai berbiaya murah yang jor joran pasang iklan.

Kenapa Hong Kong? Itu pertanyaan yang pertama kali terlontar dari orang orang terdekat ketika saya bilang bahwa kesanalah tujuan saya trip kali ini.

Kenapa engga? Ini jawaban saya. Lha iya, saya ini kalo udah penasaran suka susah dikendalikan. Lagipun, saya ini impulsive, gak pake mikir kalo udah punya kepengen. Hihihi..

Ngapain aja di Hong Kong? Belum tau. :p

Seorang teman dekat saya ajak namanya Mba Mila, karena saya tau dia juga hobi jalan jalan gak pake mikir. Selain itu, dia juga hobi belanja. Pas banget kan saya ajakin ke Hong Kong? Ahaha..  Saya hanya perlu bertanya pada yang sudah pernah ke sana tempat strategis untuk menginap, selebihnya, biarkan Allah yang menuntun kemana kami harus melangkah.

Saya dan Mba Mila

 

Funfact perjalanan kami ke Hong Kong :

  • Tiket saya dan Mba Mila beda jam. Berangkatnya Mba Mila duluan, pulangnya saya yang duluan.
  • Hostel kami mendapatkan rate 8.5 di Agoda.com. Cukup nyaman walaupun minimalis.
  • Di HKIA, Mba Mila kena full screening dari petugas imigrasi sedangkan saya aman lancar jaya
  • Selama 4 hari di Hong Kong kami kemana mana jalan kaki. Betis berkonde dan pergelangan kaki udah gak berasa. :))
  • Ada kesalahan saat membeli tiket masuk Disneyland, yang kami pilih ternyata meals voucher, bukan tiket masuk! Akhirnya kami pesan ulang saat itu juga. :))
  • Hong Kong itu berlimpah free wifi
  • kurs beli 1 HKD = 1.750 IDR

 

Hong Kong Disneyland

 

Itinerary gue :

  • Rabu : CGK – KL, transit di KL selama 7 jam
  • Kamis : KL – HKG, lanjut sightseeing area Tsim Sha Tsui (Hongkong History Museum, Ferry Pier)
  • Jumat : Lantau Island (Ngong Ping– Big Buddha & Disneyland)
  • Sabtu : The Peak (Madame Tussauds, Victoria Peak, Tram), Central, Causeway Bay
  • Minggu : HKG – KL – CGK

 

Causeway Bay

 

Budget yang dikeluarkan :

  • Tiket pesawat PP IDR 2,5 juta pp udah termasuk meals 1x berangkat dan 1x pulang
  • Penginapan 4 hari IDR 2 juta (sharing berdua, per orang 1 juta)
  • Octopus card : pertama kali ngisi 150 HKD (deposit 50, value 100), selanjutnya ngisi 100 + 50 + 50 jadi total value 300 HKD. Refund deposit 37 HKD
  • Sekali makan min 60 HKD udah sepaket sama minum.
  • Tiket Disneyland + 2x meals = IDR 1,3jt
  • Tiket Madame Tussaud + TramOramic + free golden ticket tram = 225 HKD
  • Belanja sesuai sisa budget :))

 

Bersama Barack Obama di Madame Tussauds

 

Sejak beberapa tahun belakangan, saya mulai punya pendapat dan pemikiran yang lain. Perjalanan apapun bisa berarti liburan, selama lo menikmatinya, merasa bahagia dan bersyukur telah menjalankannya.

Merencanakan sebuah perjalanan selalu mengasyikan. Apalagi barengan sama temen yang emang seru diajakin jalan. Awalnya saya memisahkan antara istilah liburan dan perjalanan. Pada saat itu saya memang memiliki definisi yang berbeda akan kedua kata tersebut. Liburan artinya ke pantai, gunung atau taman indah sedangkan perjalanan adalah sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan.

Di tahun pertama dan kedua, pekerjaan saya adalah jalan jalan keliling kota di Indonesia. Saat itu perjalanan bagi saya adalah tanggung jawab dan beban pekerjaan. Pada beberapa titik saya merasa capek. Setelah pindah kerja, saya malah rindu jalan jalan keluar kota! ahahaha.. dasar aneh ya? Setelah itu saya melakukan trip hampir 4x setahun. Destinasi gak jauh jauh amat sih, yang penting happy kan ya? Alhamdulillah, beberapa trip dibiayai oleh perusahaan jadi saya tinggal berangkat saja.

Lalu, apa arti liburan menurut kamu?